Selamat Datang..Welcome..Benvenuto..Accueil..Willkommen di blog saya..........have a nice day
Thank you for visited...budayakan kebiasaan untuk meninggalkan jejak anda(jangan lupa komentar)


Marhaban Ya Ramadhan

Minggu, 26 September 2010

Awal Mula Situs Jejaring Sosial Part II

*Awal mula kemunculan Koprol
--Pengalaman Ane (Bonus Feature artikel..*kayak film saja)--
Bagi orang yang pertama kali mendengar nama Koprol mungkin akan sedikit bertanya-tanya apakah gerangan Koprol itu?.Bukankah Koprol itu sama dengan berguling, tanda tanya itulah yang menggelayut di benak Ane ketika seorang teman mengundang untuk gabung ke Koprol. Didorong rasa penasaran dan ingin tahu apa Koprol itu Ane kemudian gabung dan membuat akun disana. Kesan pertama biasa saja bahkan masih bertanya-tanya gimana cara mainnya nih, mau nanya teman, teman-teman juga belum banyak yang main. Jadilah akun itu Ane diamkan cukup lama, entah ada angin apa Ane kemudian coba-coba untuk membuat status/stream/prol(istilah yang digunakan Koprolers). Ternyata ada yang komentarin padahal Ane belum punya teman waktu itu. Berawal dari itulah kemudian pikiran Ane lebih terbuka (open minded) terhadap Koprol. Hari-hari selanjutnya Ane habiskan dengan bermain Koprol, mencoba memahami cara menggunakannya istilah kerennya kata temanku "Learning by doing". Ternyata Koprol sungguh mengaksikkan dan sangat-sangat interaktif, saling berbalas komentar layaknya orang sms-an.
Berawal dari itulah Ane kemudian jatuh cinta kepada Koprol dan di Koprol pulalah Ane mendapatkan teman-teman baru yang sangat kindly, friendly layaknya keluarga.

Dulu Koprol masih sepi, kalo buat stream/status/prol lama banget baru hilang dari linestream, yang main juga masih sedikit mungkin karena belum banyak yang tahu atau mungkin karena harus mendapat undangan dari pengguna lain, baru kemudian dapat membuat akun di Koprol. Tapi sekarang semua begitu berbeda, pengguna Koprol berkembang pesat ditambah lagi dengan adanya iklan komersial Koprol di televisi, makin bertambahlah pengguna Koprol. Kalo dulu buat stream/status/prol lama banget baru hilang dari linestream, sekarang cepet banget hilangnya. Nubitol-nubitol bertebaran *haihaihai...saking banyaknya penghuni Koprol, Koprol jadi sering sakit-sakitan paling sering Over Capacity. Walaupun begitu Koprol tetap memberikan yang terbaik sebagai salah satu karya anak bangsa. Kita boleh bangga karena situs ini asli Made in Indonesia. Ane rasa cukup sekian dulu kalo kebanyakan entar ulasan Koprolnya kaga kebagian, wokeh tanpa banyak membuang kata-kata mari kita kembali ke topiknya, cekidot!!...*kalimat andalan.

Pengembangan Koprol dimulai pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa yang lalu dikembangkan tim Koprol menjadi sesuatu yang lain. Akhirnya pada Februari 2009 Koprol diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide yang diperoleh merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite.

Arie, Leo, Daniel, Satya Witoelar adalah orang-orang yang membuat dan mengembangkan Koprol (orang-orang dibalik layar). Menurut interview yang dilakukan sebuah situs, menanyakan pra sejarah Koprol bagaimana awalnya Koprol bisa lahir. Kata Arie "awalnya gue(Arie), Leo, dan Daniel pingin punya satu cool web 2.0 product. Dan waktu itu kita juga lagi bosen banget sama project-project client. Kita pingin ngerjain sesuatu yang bener-bener kita suka. Lalu, kita ngajak Satya Witoelar untuk brainstorming kira-kira apa yang seru dan interesting untuk di-develop. Itu lah awal muasal Koprol".

Koprol sendiri merupakan situs jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota - kota di Indonesia, Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Disini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

Sama halnya dengan Twitter, Koprol sebetulnya lebih tepat jika disebut sebagai situs micro-blogging dari pada situs pertemanan/jejaring sosial. Micro-blogging secara singat adalah bentuk blog sederhana yang memungkinkan bagi pengguna internet yang sedang bepergian untuk tetap dapat menuliskan teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya. Micro-blogging sendiri sedang marak belakangan ini. Kedepannya Koprol mungkin akan menjadi sebuah fenomena baru dikalangan peselancar dunia maya, tidak menutup kemungkinan akan muncul deman Koprol atau fenomena prol(salto) 140 karakter..hehe. Untuk artikel lebih lengkapnya klik disni, untuk interviewnya bisa dilihat disini.

*Awal mula kemunculan FUPEI
Pada ulasan ini Ane mungkin tidak akan membahas/mengulas terlalu banyak tentang FUPEI. Mungkin agan-agan sekalian banyak yang belum tahu FUPEI, mungkin baru dengar sekarang. Ya inilah FUPEI sebuah situs jejaring sosial seperti Friendster karya anak bangsa. Salah satu situs asli Made in Indonesia. Pada ulasan kali ini Ane mungkin akan banyak menghadirkan interview-interview yang dilakukan oleh sebuah situs.

FUPEI diperkenalkan pertama kali kepada publik pada Mei 2004. Orang-orang dibalik layar yang melahirkan FUPEI adalah Sanny Gaddafi, SSi. S.Kom, MM dan Fu Marlinda Yumin. Berangkat dari hobi, Sanny dan Linda membuat situs pertemanan khusus bagi orang Indonesia. Tak disangka, sambutan yang didapat sangat luar biasa. Terakhir, tercatat lebih 75 ribu orang anggota di situs jaringan sosial yang mereka namakan FUPEI (Friends Uniting Program Especialy Indonesian). Sebutan atau jargon untuk para pengguna FUPEI adalah Fupeis sama halnya dengan Koprolers atau Facebookers.

Selanjutnya Ane akan menyajikan beberapa potongan interview antara Sanny dan Linda dengan situs yang bersangkutan. Cekidot!!..
*Bagaimana awal pembuatan FUPEI?
Sanny (S) : Awalnya saya bertanya-tanya, kenapa situs jaringan pertemanan seperti Friendster bisa berkembang besar seperti sekarang. Sebagai programmer dan web developer, saya merasa tertantang, bagaimana Friendster yang menurut saya sangat biasa-biasa saja bisa berkembang seperti itu. Akhirnya saya membuat sendiri situs jaringan sosial. Selain menyalurkan hobi bikin web, dengan FUPEI saya berharap dapat menambah portofolio.

*Mengapa situs ini dikhususkan untuk orang Indonesia?
S : Awalnya memang kami ingin membuat situs ini untuk internasional. Tapi, kalau kami taruh situs ini di server luar negeri, akses dari Indonesia akan lambat. Belum lagi karena memakai server luar, orang Indonesia harus membayar bandwidth. Padahal FUPEI punya orang Indonesia. Jadi, kami memilih menggunakan server Indonesia. Dengan begitu, biaya bandwidth tidak ada sama sekali. Konsekuensinya, member luar negeri susah untuk aksesnya. Kita tetap hemat dari segi biaya karena biayanya lebih murah, sekaligus membantu Internet Service Provider lokal.

Linda (L) : Selain alasan teknis seperti yang Sanny berikan, kami fokus ke Indonesia setelah melihat Friendster mulai memasuki pasar Indonesia dengan menyediakan akses dengan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya. Dari situ bisa terlihat bahwa pasar Indonesia sangat besar. Dengan begitu, kami ingin fokus ke Indonesia saja.

*Apa tanggapan orang ketika FUPEI diluncurkan?
S : Sangat bagus, bahkan pertambahan anggotanya cepat sekali, padahal tanpa promosi. Kami enggak punya modal untuk melakukan promosi. Jadi bisa dibilang, kami bergerak secara gerilya. Dengan begitu saja, kami bersyukur sekarang sudah ada 75 ribu Fupeis yang tersebar di seluruh dunia. Sebanyak 91 persen adalah orang Indonesia yang tinggal di Indonesia, sisanya orang luar negeri. Dua tahun setelah diluncurkan, kami mulai dilirik investor dari dalam dan luar negeri yang ingin mengembangkan situs ini. Dari situ kami tersadar, apa yang kami lakukan ini ternyata mempunyai value. Itu jadi motivasi saya untuk terus mengembangkan FUPEI.

L : Sejak tahun 2006, sudah ada 4 investor yang menghubungi kami untuk membeli FUPEI. Sayangnya tawaran yang mereka berikan sangat kecil, bahkan enggak bisa menutup cost yang sudah kami keluarkan pada dua tahun awal. Karena itu, sampai sekarang kami belum memutuskan investor mana yang kami setujui.

S : Ada satu investor yang memberikan penawaran bagus, bahkan kami sempat bekerjasama. Sayangnya, di perjalanan bussiness plan yang sudah disepakati bersama berubah. Mereka mempunyai konsep yang berbeda soal apa yang kami harapkan untuk FUPEI. Akhirnya kita cut kerjasama itu. Sekarang kami masih terus mencari investor yang punya soul FUPEI, sehingga dapat membawa FUPEI menjadi website lokal terlengkap. Tak hanya untuk social networking, tapi juga sebagai tempat untuk menunjukkan kreativitas.
Untuk lebih lengkapnya bisa klik disini.

*Awal mula Kaskus
Mungkin banyak agan-agan sekalian yang bertanya apa arti sebenarnya dari nama Kaskus? atau mungkin ada yang bertanya mengapa kaskus menggunakan domain .us, kenapa bukan .com? atau mungkin pernah mendengar tentang perselisihan antara YogyaFree dengan Kaskus?. Kaksus sebuah situs forum online terbesar di Indonesia, Ane mengenal Kaskus belum lama mungkin baru sekitar satu tahunan (agak lupa). Awalnya agak aneh mendengar namanya, tapi lagi-lagi karena didorong rasa ingin tahu Ane kemudian mencoba untuk menjelajahi rimba Kaskus. Banyak hal menarik yang Ane temukan serta info-info yang mantap gan, walaupun tak jarang menemukan trit-trit yang bernuansa nudity (padahal emang niat nyari..hehe).

Lama menjelajahi Kaskus, berpindah dari satu forum ke forum yang lain (hanya sebagai pembaca) akhirnya Ane memutuskan untuk menetap di Lounge. Yang membuat Ane jatuh cinta banyak trit-trit dari agan-agan Kaskuser yang mengocol perut, banyak juga info-info yang mantap. Walaupun selama ini Ane cuman berlakon sebagai pembaca saja istilah kerennya kata temanku "Silent reader"nya trit-trit Kaskus. Tapi Ane punya akun cuman kagak pernah dipake, waktu itu buat akun karena pengen nyari barang di FJBnya Kaskus. Mungkin cukup sekian basa-basi dari Ane kalo lama-lama entar Ane ditimpukin bata . Wokeh tanpa banyak membuang kata-kata mari kita langsung ke topiknya, cekidot!!. *lagi-lagi kalimat andalan...

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar Indonesia.Kaskus lahir pada tanggal 6 November 2000 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT. Darta Media Indonesia. Anggotanya, yang berjumlah lebih dari 900.000 member, tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk,bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 500.000 orang, dengan jumlah page view melebihi 3.500.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 70 juta post.

Menurut Alexa.com, pada bulan Agustus 2008 Kaskus berada di peringkat 290 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Kaskus Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia dibawah naungan komunitas kaskus. Kaskus radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari 20 penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini juga memutarkan lagu dari berbagai bahasa, Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.

Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.

Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan.

Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server).

Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.

--Serangan DDOS--

Pada tanggal 16—17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree. Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa mengunci thread-thread yang ada.

Penyerangan tersebut diduga terkait dengan peristiwa perusakan (deface) situs YogyaFree beberapa hari sebelumnya.Penyerang yang mengklaim dirinya sebagai salah satu anggota Kaskus juga melontarkan celaan yang bernada mengejek di salah satu bagian forum YogyaFree. Hal tersebut membuat beberapa anggota YogyaFree berang, dan kemudian balik menyerang Kaskus dengan DDoS. Akibatnya, administrator Kaskus terpaksa mematikan server Kaskus.

Perang cyber antara kedua komunitas ini akhirnya selesai ketika kedua pengelola situs menandatangani memorandum online untuk menyudahkan pertikaian di antara keduanya. Pesan tersebut dipampang selama beberapa minggu di halaman situs masing-masing.

Meskipun kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan ini cukup berat, administrator Kaskus menjanjikan bahwa Kaskus akan kembali normal pada bulan Juli 2008, seiring dengan diluncurkannya server baru Kaskus di gedung Cyber, Jakarta.Namun, ia juga mengatakan bahwa data-data yang akan dimunculkan kembali adalah data yang dimuat sebelum tahun 2008, sementara data yang dibuat selama tahun 2008 tidak dapat dimunculkan kembali. Untuk artikel lebih lengkapnya agan-agan bisa lihat di gado2net.wordpress.com

Dengan mengucap Alhamdulillah akhirnya entri yang telah lama ingin ane posting selesai juga.

Disadur dari berbagai sumber

10 komentar:

  1. maantap guuussss...

    tolong ini di terjemahkan :D, sy dah coba tapi gak ngefek tuh di blogku. sapa tau dirimu yg paling tau ttg info apa aja bisa. ongkeeey...

    ini dia tantangnnya:

    http://www.ularsawah.com/2010/07/memasang-facebook-comments-box-form.html

    BalasHapus
  2. oi...kalo mau kayak terblok bgtu paragrafnya pake "quote" bro :)

    BalasHapus
  3. oe ana'muda, nda lengkap postinganmu di http://infoapaaja.blogspot.com/
    belum pi kau posting ttg asal mula terbentuknya http://anakmuda.co.nr/

    BalasHapus
  4. @reza : Insya Allah...ane interview dulu

    BalasHapus
  5. bgus mas .................
    info ny menarik ...........
    nnti aq review dlu ea .......

    BalasHapus