Selamat Datang..Welcome..Benvenuto..Accueil..Willkommen di blog saya..........have a nice day
Thank you for visited...budayakan kebiasaan untuk meninggalkan jejak anda(jangan lupa komentar)


Marhaban Ya Ramadhan

Sabtu, 25 September 2010

Awal Mula Situs Jejaring Sosial part I

Pada artikel kali ini Ane akan mengulas awal mula perkembangan situs jejaring sosial, tapi nggak semua situs jejaring sosial cuman beberapa saja antara lain situs jejaring sosial Facebook, mikroblogging Twitter, situs jejaring sosial berbasis lokasi Yahoo Koprol serta situs jejaring sosial FUPEI. Khusus untuk dua yang terakhir adalah situs jejaring sosial karya anak negeri (Made in Indonesia). Selain itu Ane juga akan mengulas awal mula terbentuknya situs forum online terbesar di Indonesia Kaskus.us yang menjadi kebanggaan kita semua. Tapi sebelum itu ane akan mengulas sedikit tentang sejarah perkembangan serta pengertian situs jejaring sosial. Wokeh tanpa banyak membuang kata-kata mari kita langsung ke topiknya, cekidot!!.

*Pengertian situs jejaring
Situs jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari smapai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh Profesor J.a. Banes pada 1954.
Situs jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi seperti visi, ide, teman, keturunan, dll. Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet, banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunkasi antar komputer.

*Sejarah dan perkembangan situs jejaring sosial
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Situs jejaring sosial pertama, yaitu Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar teman mantan sekolah kemudian ada Sixdegrees.com yang mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial Lunarstorm, Live Journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul Friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, Friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan Friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005, Friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati.

Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360. Pada bulan Juli 2005 New Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friendster Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Memasuki tahun 2006, penggunaan Friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya Facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). Di tahun yang sama juga muncul Koprol serta Foursquare yang menggunakan model check-in atau berbasis lokasi.

Nah cukup sekian untuk ulasan sejarah perkembangan serta pengertian situs jejaring sosial, kalo kebanyakan nanti agan-agan bakalan ngantuk membacanya (padahal kenyataannya sudah kehabisan materi ). Selanjutnya Ane akan mengulas tentang awal mula perkembangan beberapa situs sosial seperti yang telah Ane sebutkan tadi diatas. Wokeh tanpa banyak membuang kata-kata mari kita langsung ke topiknya, cekidot!!.

*Awal mula kemunculan Facebook
Siapa yang tidak mengenal Facebook, semua peselancar dunia maya pasti pernah mengunjungi situsnya atau bahkan memiliki akun di situs Facebook. Facebook pantaslah menyandang predikat situs fenomenal, bermula dari sebuah situs buku tahunan untuk mahasiswa Harvard University kemudian menjelma menjadi sebuah situs dengan sekitar 175 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat e-mail suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat e-mail apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya. Untuk artikel lebih lengkapnya silahkan klik disini.

*Awal mula kemunculan Twitter
Twitter, dalam beberapa tahun terakhir nama ini begitu sering terdengar, setelah demam Facebook melanda kini muncul lagi fenomena kicauan 140 karakter. Ya itulah Twitter sebuah situs yang masuk dalam jajaran 50 situs yang paling sering dikunjungi. Twitter sebetulnya lebih tepat jika disebut sebagai situs micro-blogging dari pada situs pertemanan/jejaring sosial. Melalui Twitter orang dapat saling berbagi pesan ataupun informasi dalam bentuk 140 karakter. Karena hanya memiliki 140 karakter terkadang Twitter suka disebut sebagai “sms internet”. Memang terkesan simple, Twitter menyediakan cara berinteraksi yang simple tapi efisien. Bahkan cukup ampuh apabila Anda memanfaatkannya untuk mencari, mendapatkan teman serta memasarkan bisnis online/lapak Anda.

Didirikan pertama kali oleh Jack Dorsey, dari perusahaan podcasting Odeo. Idenya sebetulnya cukup sederhana, mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Inspirasi dasar Twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob.

Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja. Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung. Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini.

Oktober 2006, Jack Dorsey menggandeng Biz Stone, Evan Williams membentuk Obvious Corp untuk membeli asset Odeo serta Twitter. Selanjutnya Odeo dan Twitter menjadi perusahaan yang terpisah. Untuk sumber dana dari Twitter sendiri didukung oleh perusahaan modal ventura (yang umum sering mendanai perusahaan start up yang potensial) seperti ; Benchmark Capital, Institusional Venture Partners, Union Square Ventures. Proses pendanaan Twitter ini menjunjukkan bahwa dalam bisnis teknologi internet seringkali suatu model bisnis awal memerlukan “suntikan dana” yang kuat. Karena belum tahu kapan model bisnis ini akan mulai menghasilkan. Sehingga perencanaan keuangan yang kuat mutlak diperlukan agar bisa survive dan menghasilkan cashflow positif.

Sesuatu yang menarik dari Twitter adalah percakapan kita atau tweet kita dibatasi hanya 140 karakter saja istilah kerennya kicauan 140 karakter. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Memang terkesan enteng dan simple tetapi khusus buat Anda yang menjalankan bisnis online via Internet akan dapat memanfaatkan Twitter sebagai media promosi gratis yang cukup efektif, terutama apabila Anda bermain bisnis afiliasi dimana Anda butuh trafik kunjungan yang signifikan menuju blog Anda. Untuk artikel lebih lengkapnya bisa klik disini. atau disini.

to be continue....

5 komentar:

  1. like this...
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. iya masbro..makasih sdh berkunjung dan berkomentar..sy sangat mengapresiasinya

    BalasHapus
  3. wow thanks info nya ,,, tambahan buat tugas ,,,, artikel ,,,,

    BalasHapus