Selamat Datang..Welcome..Benvenuto..Accueil..Willkommen di blog saya..........have a nice day
Thank you for visited...budayakan kebiasaan untuk meninggalkan jejak anda(jangan lupa komentar)


Marhaban Ya Ramadhan

Kamis, 23 September 2010

Teknologi Android


Apa itu Android?
Android adalah sistem operasi untuk perangkat komunikasi seluler yang dikembangkan dengan basis Linux dari kernel linux v2.6 . Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk membangun aplikasi mereka sendiri yang kemudian dapat digunakan pada berbagai macam piranti bergerak (mobile). Sistem operasi Android ini telah digunakan di beberapa handset (ponsel) di Indonesia. Sistem operasi Android yang bersifat open source ini memiliki segudang fitur yang diyakini akan siap bersaing melawan mobile os lainnya seperti blackberry, symbian, windows mobile dan mac.

Selain mempunyai kelebihan android juga masih mempunyai kekurangan atau bisa dikatakan sebagai kritik yaitu Android tidak memperbolehkan aplikasi diinstal melalui memory card, Android tidak memakai Java standar yang sudah berkembang, contohnya seperti Java SE and ME, ini membuat kompatibilitas antara aplikasi yang ditulis menggunakan Java dengan aplikasi platform Android menjadi tidak kompatibel, Android juga merupakan ancaman bagi beberapa perusahaan karena memberikan konsumen kebebasan untuk mendownload aplikasi yang mereka inginkan ke handphone mereka.


Perkembangan Android
Sistem operasi Android dikembangkan pertama kali oleh Android, Inc. sebuah perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, US. Pengembangnya adalah Andy Rubin. Android Inc. kemudian diakuisisi oleh Google Inc. pada Juli 2005 sejalan dengan desas-desus tentang rencana Google untuk masuk ke pasar pengembangan handset(telepon selular). Oleh Google, Android kemudian dikembangkan lagi menjadi platform perangkat mobile yang didukung oleh kernel Linux yang kemudian akan dipasarkan ke produsen handset(telepon selular)dengan tujuan memberikan sebuah sistem operasi yang fleksibel dan upgradeable. Tim pengembang ini terdiri dari Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Sistem Operasi Android sendiri telah tersedia sebagai sistem operasi Open Source sejak 21 Oktober 2008. Google membuka seluruh kode sumber (termasuk jaringan dan telepon) di bawah lisensi Apache.

Ini memungkinkan komunitas ataupun non komunitas IT untuk dapat mengembangkan atau membuat aplikasinya sendiri. Saat ini lebih dari ribuan aplikasi yang sudah tersebar di Android market dan website blog blog pribadi. Untuk mengembangkan Android lebih jauh lagi maka dibentuklah Open Handset Alliance.

Sekilas tentang Open Handset Alliance

Open Handset Alliance Adalah sebuah konsorsium yang terdiri dari beberapa perusahaan hardware, perusahaan software dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar terbuka bagi perangkat selular, perusahaan-perusahaan tersebut antara lain Texas Instruments, Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel dan T-Mobile. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler.


Sekilas tentang Sistem Operasi Android

Sistem Operasi Android sendiri memilki dua versi yaitu Android dengan GMS (Google Mobile Services) dan Android OHD (Open Handset Distribution). Android dengan Google Mobile Services (GMS) dilengkapi dengan tempat dimana user bisa mengupload atau bahkan membeli aplikasi-aplikasi untuk ponselnya (android market) dan didukung sepenuhnya oleh google yang artinya dalam ponsel tersebut dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang tersinkronisasi langsung dengan Google Account kita. Beberapa contoh aplikasi tersebut antara lain, Gmail, Google Contact, Google Calendar dan Youtube. Sedangkan Android dengan Open Handset Distribution (OHD) merupakan OS Android yang sangat dasar, tanpa ada support dari Google sama sekali dan tidak memiliki android market.

Sistem operasi Android ini sendiri mulai diperkenalkan November 2008 secara global. Namun Android masih terbilang asing, mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan ponsel-ponsel Android belum banyak terdapat dipasaran, apalagi ponsel dengan sistem operasi tersebut dibandrol dengan harga yang lumayan mahal sehingga tidak mudah dijangkau kalangan menengah ke bawah. Menurut NPD Group , penjualan unit untuk OS smartphone Android peringkat pertama di antara semua smartphone OS handset dijual di Amerika Serikat pada kuartal kedua 2010, di 33%. BlackBerry OS adalah kedua sebesar 28%, dan IOS adalah peringkat ketiga dengan 22%. Diprediksi pada tahun 2012, pasar ponsel Android ini bakal mencapai 12 % diseluruh dunia.

Pengaplikasian Android

HTC Magic adalah smartphone pertama didunia yang menggunakan sistem operasi Android. Di tengah maraknya Blackberry di Indonesia saat ini, tantangan HTC Magic memang sangat berat, tidak mudah untuk merebut pasar Blackberry ditambah lagi dengan desain Blackberry dengan Qwerty keyboard yang berhasil memikat hati para konsumennya. Sebagai awal, HTC harus bisa menunjukkan keunggulan sistem operasi Android dibanding sistem operasi mobile yang lainnya. Kalaupun para konsumen akhirnya melihat kelebihan Android, HTC harus siap bersaing dengan ponsel berbasis Android dari pabrikan lain seperti Samsung yang akan segera menghadirkan ponsel Android.

Pada bulan September 2007, InformationWeek mengutip sebuah studi Evalueserve melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler. Akhirnya Google meluncurkan smartphone Nexus salah satu yang menggunakan open source Android mobile sistem operasi. Perangkat ini diproduksi oleh Taiwan’s HTC Corporation, dan menjadi tersedia pada 5 Januari 2010.

Ponsel Android keluaran Google

MOUNTAIN VIEW - Desas desus mengenai kemunculan ponsel Google akhirnya terjawab sudah. Ponsel yang diberi nama Nexus One tersebut meluncur dengan mulus di awal pekan ini.

Nexus One telah lulus uji coba dan menggunakan sistem operasi besutan mereka sendiri yaitu Android. Ponsel Google kali ini diklaim berbeda dengan pendahulunya, G1. Lalu apa saja spesifikasi yang dimiliki Nexus One? Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (6/1/2010), ponsel ini cukup ringan dengan ketebalan 11,5 millimeter dan bobot hanya 130 gram. Para analis bahkan mendeskripsikan Nexus One lebih ringan dari pisau milik tentara Swiss dan tidak lebih tebal dari pensil ukuran nomor dua.

Ponsel hasil kolaborasi dengan pabrikan Taiwan HTC tersebut dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 3,7 inchi atau sebesar 9,4 cm. Untuk sistem operasi, seperti yang sudah diprediksi, Google menanamkan sistem operasi Android andalannya. Adapun sistem operasi Andorid yang dipilih adalah Android versi 2.1.

Tambahan lainnya, terdapat pula fitur display berteknologi OLED, trackball sebagai kontrol antar muka bagi pengguna, chip akselerometer dan kamera lima megapixel. Soal performa, hasil kerjasama Google dengan HTC ini mempercayakannya pada prosesor Snapdragon besutan Qualcomm berukuran 1 gigahertz.
Analis dari Forrester Charles Golvin menyebutkan Nexus One merupakan ponsel berpenampilan menarik. Menurutnya, desain ponsel yang licin dan mengkilat ini cukup bersaing dengan kompetitornya iPhone Apple.

Nexus One menjadi ciri pertama kalinya raksasa internet ini berjualan perangkat elektronik di bawah sebuah merk yang sudah dikenal luas. Google tidak main-main dengan langkah yang diambilnya, Nexus One memang ditujukan untuk melesatkan posisinya di pasar internet mobile.

Para analis pun menilai kemunculan ponsel Google tak hanya untuk mencari keuntungan penjualan semata, tetapi juga untuk meningkatkan penjualan layanan iklan mobile premium Google.


Sumber:
wikipedia Indonesia
http://indonesia.soup.io/post/39176883/Charlie-Anthony-Nexus-One-Ponsel-Google-Siap
http://techno.okezone.com/read/2010/01/06/57/291431/inilah-spesifikasi-google-nexus-one
http://dfian.com/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/
http://myblogmyown.wordpress.com/
http://hakimdeltoro.blogspot.com/

2 komentar: