Selamat Datang..Welcome..Benvenuto..Accueil..Willkommen di blog saya..........have a nice day
Thank you for visited...budayakan kebiasaan untuk meninggalkan jejak anda(jangan lupa komentar)


Marhaban Ya Ramadhan

Kamis, 27 November 2008

INTEL core i7

Jawara Baru Intel, INTEL i7

Pada Q4 2008, tampaknya keingintahuan tentang prosessor terbaru Intel akan terjawab. Tepatnya pada 10 November, Intel Core i7 akan dirilis menggunakan Intel Nehalem microarchitecture yang mendukung simultaneous multithreading, dimana tiap inti dari keempat inti prosessor untuk bekerja dalam dua thread secara bersamaan.
Intel tetap mempertahankan nama Core karena merasa telah mendapat hati di kalangan konsumen. Sedang untuk pemilihan nama i7 sendiri tidak berarti apa-apa. Hanya untuk memudahkan penyebutan, ujar Intel dalam presentasinya.
Spesifikasi Prosessor :
  • CPU clock 2.66 GHz hingga 3.2 GHz
  • QuickPath Interconnect speeds 4.8 GT/s hingga 6.4 GT/s
  • Feature size 45 nm
  • Instruction set x86, x86-64, MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, SSE4.1, SSE4.2 Inti
  • Core: 4
  • Socket(s) Socket B (LGA 1366)
  • Core name(s) Bloomfield
Ada 3 seri yang dirilis :
  • Core i7 965 Extreme Edition (3.2 GHz) kisaran harga $999 - $1412
  • Core i7 940 (2.93 GHz) kisaran harga $562-$720
  • Core i7 920 (2.66 GHz) kisaran harga $284-$367
Ketiganya mempunyai fitur tidak membatasi penggunaan memori, dengan demikian memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya memorinya dan berjalan pada frekuensi 800/1066MHz.
Fitur yang ditawarkan oleh Arsitektur Core i7 adalah :
  • Mengganti FSB dengan QuickPath. QuickPath hadir pada motherboard dengan chipset Intel X58 yang kabarnya dirilis Oktober 2008.
  • Memory Controller berada di dalam processor, bukan pada chipset yang terpisah –dahulu menggunakan northbridge-. Internal Memory Controller ini mirip dengan yang diadopsi oleh AMD pada AMD64nya.
  • Mendukung penggunaan memori three channel DDR3 DIMMs. Dan Core i7 hanya mendukung penggunaan memori DDR3.
  • Inti Core i7 memiliki 4 inti dengan teknologi HyperThreading seperti pada generasi Pentium 4 dahulu. Dengan demikian pada sistem operasi akan terdeteksi sebagai 8 CPU (4CPU dengan HT)
  • Core i7 memiliki L3 cache sebesar 8MB yang dishare untuk tiap inti.
Jadi bersiap-siaplah menabung kalau ingin mencicipi teknologi terbaru dari Intel ini.Laughing
Sumber :

Intel Resmi Perkenalkan Prosesor Baru Core i7


Sudah dua tahun berlalu sejak Intel memperkenalkan prosesor Core 2 Duo-nya yang hebat itu. Kini Intel secara resmi memperkenalkan mikroprosesor desktop generasi barunya, Core i7 (sebelumnya dikenal dengan nama kode Nehalem). CPU baru ini lebih cepat dibandingkan Core 2 Duo, bahkan ditahbiskan sebagai CPU tercepat yang ada saat ini.

Core i7 diluncurkan dalam tiga versi quad-core untuk menyasar tiga segmen pasar PC desktop yang berbeda. Yang pertama adalah model dasar 920 (2,66GHz) dengan harga resmi US$ 286. Model kedua adalah 940 2,93GHz dengan harga US$ 562, sedangkan model ketiga adalah 965 Extreme Edition 3,2GHz dengan harga US$ 999.

Ditilik dari harganya, Core i7 memang tidak murah. Namun jika Anda ingin merakit PC dengan sistem Core i7, Anda memang harus membayar mahal. Untuk sistem, pilihan Anda saat ini masih terbatas pada motherboard dengan chipset Intel X58 (dengan ICH10 southbridge) dan memori DDR3. Harga keduanya pun belum murah.

Namun prosesor baru ini menawarkan beberapa fitur baru, antara lain kendali memori yang terintegrasi dan moda Turbo baru. Hyperthreading juga muncul kembali, menambahkan empat inti virtual ke empat inti fisik yang ada di CPU Core i7.

Moda Turbo, yang disebut Dynamic Speed Technology, memungkinkan CPU untuk mematikan inti dan meningkatkan clock speed, yang bisa bermanfaat pada aplikasi-aplikasi lama yang membutuhkan megahertz lebih, bukan inti yang lebih banyak. Pada aplikasi muti-threaded, CPU akan menyeimbangkan beban di semua inti.

CPU baru ini memiliki 731 juta transistor dalam satu die berukuran 263 milimeter persegi. Semua prosesor Core i7 dirancang pada daya desain thermal 130 watt. Antarmuka Quick Path Interconnect menyediakan bandwidth 19,2 gigatransfer pre detik pada model 920 dan 940, dan 25,6 gigatransfer pada model Extreme Edition.
Core i7, Generasi Baru Chipset Intel

Logo Intel i7 (ist)
Jakarta - Produsen chipset, Intel Corporation berencana akan meluncurkan generasi baru chipset untuk desktop komputer dengan mengusung brand "Core".

Seri Nehalem, suksesor dari Core 2 Duo CPU ini akan diperkenalkan dengan nama Core i7. Diharapkan Core i7 akan menyapa konsumen pada akhir tahun ini.

Dikutip detikINET dari Washingtonpost, Selasa (12/8/2008), Intel mengklaim chipset ini akan menghadirkan perfoma tinggi sekaligus hemat energi.

Nama Core sudah tidak asing lagi, karena Intel pernah menggunakan nama ini untuk chipset-chipsetnya yang lainnya, salah satunya adalah prosesor Core 2 Duo yang begitu populer. Ini mengindikasikan bahwa nama Core akan menjadi brand bagi prosessor PC-nya.

Dilansir Techtree, chipset ini akan menggunakan teknologi memory controller terintegrasi dan QuickPath Interconnect System (QPI) yang diharapkan dapat meningkatkan performa CPU untuk berkomunikasi dengan komponen-komponen sistem. Intel berharap dapat meluncurkan prosessor untuk laptop yang berbasis Nehalem pada pertengahan kedua tahun 2009.

Penjelasan terperinci tentang chipset terbaru ini akan diungkapkan di Intel Developer Forum (IDF) yang akan diselenggarakan pada tanggal 19-21 Agustus. Intel diharapkan akan berbagi cerita tentang produk system-on-chip (SOC)-nya yang akan mengintegrasikan sebuah CPU, prosessor grafis, video dan kontrol memori ke dalam sebuah chip tunggal.

Selama ini Intel merupakan produsen chipset nomor satu di dunia, dengan menguasai sekitar 3/4 pasar dunia.


1 komentar:

  1. weh guss sowry nih mo nanya, lo nak parkour makassar yah? balas ke 085825145775

    BalasHapus