Selamat Datang..Welcome..Benvenuto..Accueil..Willkommen di blog saya..........have a nice day
Thank you for visited...budayakan kebiasaan untuk meninggalkan jejak anda(jangan lupa komentar)


Marhaban Ya Ramadhan

Kamis, 18 November 2010

Apa itu Brain Freeze? Serta Mitos dan Fakta Seputar Es Krim

Brain Freeze atau otak beku, mungkin anda pernah mengalami kejadian sakit kepala ketika mengkomsumsi sesuatu yang dingin dengan cepat, itulah yang disebut dengan Brain Freeze atau kebekuan otak. Brain Freeze alias otak beku, atau yang diberi nama ilmiah 'ganglioneuralgia sphenopalatine'(meaning "nerve pain of the sphenopalatine ganglion"), adalah sakit tengkorak singkat atau sakit kepala umumnya terkait dengan konsumsi minuman dingin atau makanan seperti es krim dan es loli. Wah serem juga yaa otak membeku...tapi itu hanyalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rasa nyeri di kepala akibat mengkomsumsi sesuatu yang dingin dengan cepat...tanpa ba bi bu langsung hajar bleh, alhasil saraf-saraf mulut tepatnya yang berada pada langit-langit dan dinding mulut mengalami pendinginan sehingga membuat pembuluh darah berkontraksi berupa pengkerutan(vasokonstriksi ) ini sebagai respon guna mencegah hilangnya panas tubuh akibat penurunan suhu yang ekstrim.


Ketika suhu dingin berkurang, saraf-saraf mulut menjadi rileks lagi sehingga membuat pembuluh darah mengalami pelebaran secara tiba-tiba, dan membuat aliran darah ke otak yang tadinya pelan menjadi cepat. Aliran darah secara tiba-tiba inilah yang menyebabkan sensasi sakit kepala ding. For Your Information Pembuluh darah yang berkontraksi itu adalah Kapiler Sinus, jadi boleh juga dikatakan 'Otak beku' adalah akibat langsung dari pendinginan dan pemanasan cepat dari kapiler di dalam sinus.

Sebuah respon pembuluh darah yang sama tapi tanpa rasa sakit menyebabkan wajah tampak "merah" setelah di luar pada hari yang dingin. Dalam kedua kasus, suhu dingin menyebabkan kapiler di dalam sinus mengerut dan kemudian mengalami pelebaran ekstrim saat mereka hangat lagi. Brain Freeze biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 10-20 detik ada juga yang mengatakan 30-60 detik. Seperti dikutip dari Brainhealth, Kamis (8/10/2009), biasanya hal ini hanya berlangsung selama beberapa detik, namun ada juga yang mengalaminya selama satu atau dua menit. Tapi sangat jarang yang berlangsung lebih lama dari itu. Penelitian juga menunjukkan bahwa mekanisme pembuluh saraf yang sama dan terlibat dalam 'otak beku' menyebabkan aura gangguan sensorik dan berdenyut tahap migraines. Sebuah penelitian lain dilakukan untuk melihat apakah ada hubungan antara otak beku dengan orang yang mengalaminya. Ternyata tidak semua orang mengalaminya dan orang yang menderita migrain cenderung lebih memungkinkan untuk mengalaminya. Biasanya hal ini terjadi setelah mengonsumsi sesuatu yang dingin.

Gambar Saraf-saraf serta pembuluh darah yang "terlibat"(lu kate tersangka..haha) dalam proses brain freeze




Cara yang paling efektif untuk mencegah otak beku adalah:

1. Dengan mengkonsumsi makanan yang dingin atau cair pada tingkat lebih lambat. Usahakan agar mulut terbiasa dengan suhu dinginnya, jangan lansung hajar bleh, bisa-bisa kena otak beku lagi gitu ding....

2.Membuat nuansa hangat di dalam mulut anda. Hal ini dilakukan, karena pembuluh darah di dalam dinding mulut bagian atas itulah yang sangat sensitif. Hal sederhana berikut bisa dilakukan:
  • Menyentuhkan lidah ke langit-langit mulut. Jika anda dapat menggulung lidah, tempelkan bagian bawah lidah ke langit-langit mulut. Ini memberikan efek hangat bagi pembuluh darah di sekitarnya.
  • Minum minuman yang hangat. Perlahan-lahan menghirup air yang bersuhu suhu sama dengan suhu kamar juga dapat dilakukan untuk meringankan efek brain freeze.

So, jangan takut minum minuman dingin atau makan makanan dingin, yang penting jangan terburu-buru, slow down aje nikmatin jangan dikebut yang ada juga bakalan sakit kepala...gitu ding.

Mitos dan Fakta seputar Es Krim


Ehem..ane kembali lagi dengan pembahasan yang lain, berhubung kita lagi ngebahas soal otak beku sekalian aja ane kasih pembahasan mengenai Es Krim (ini salah satu tersangka yang membuat otak beku, beku disini bukan berarti buntu loh..XD).

Es krim bisa disantap kapan saja, siang hari sebagai pelepas dahaga atau disajikan dengan tatanan yang istimewa sebagai hidangan penutup, es krim tetap saja istimewa. Tetapi sebagian orang berpendapat es krim merupakan penyebab kegemukan, gigi berlubang, pilek dan batuk pada anak-anak. Benarkah?

Menurut Prof. Ir. Ali Khomsan, MS, Dosen Departemen Gizi Masyarakat IPB, es krim adalah makanan terbuat dari susu yang memiliki karakteristik gizi mirip susu. Hanya kandungan energinya 3 kali lebih padat. Oleh sebab itu mengkonsumsi es krim berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kalori yang bila tidak diimbangi dengan aktivitas fisik memadai akan mengakibatkan kegemukan. Namun bila es krim dikonsumsi secara wajar maka tidak perlu ada kekhawatiran tentang akibat buruknya.

Jika ditinjau dari kandungan gizi, es krim merupakan produk yang kaya kalsium dan protein. Hal ini dapat dipahami akrena bahan baku utamanya adalah susu. Kandungan gizi es krim per 100 g adalah energi (207 Kal), protein (4 g), lemak (12,5 g), kalsium (123 mg), fosfor (99 mg).

Kalsium dan protein adalah zat gizi yang dibutuhkan segala usia. Oleh sebab itu, es krim dapat dinikmati semua usia tetapi perlu dicermati kandungan zat lainnya seperti karbohidrat dan lemak. Jadi kalau es krim dikonsumsi berlebihan maka kontribusi energi dan lemak yg cukup tinggi akan memicu kegemukan.

”Orang tua harus bisa mengatur selera anaknya agar terbentuk pola makan seimbang. Ini berarti konsumsi makanan apapun jenisnya tidak boleh berlebihan. Es krim adalah makanan kenikmatan, oleh sebab itu pantas dinikmati tetapi mungkin tidak harus tiap hari.” ujar Ali Khomsan.

Sebagian anak ada yang sensitif kerongkongannya sehingga tidak tahan dingin. Konsumsi makanan dingin akan menimbulkan peradangan kerongkongan hingga timbul batuk. Penderita asma termasuk yang harus berhati-hati mengkonsumsi makanan dingin karena mereka alergi terhadap uap air dingin sehingga menyebabkan sesak napas. Apabila anak kita termasuk yang tahan terhadap uap air dingin, maka mengkonsumsi es krim secara wajar tidak mendatangkan gangguan.

Altenatif Gizi Anak

Meski bukan sebagai pengganti susu, es krim dapat menjadi alternatif gizi bagi anak yang tidak suka susu. Es krim menjadi makanan ringan sehat sehat bagi anak, apalagi masa kanak-kanak merupakan saat tepat untuk menabung kalsium. Mengingat bahan dasar es krim adalah susu, maka kualitas proteinnya tidak diragukan lagi.

Sebagai perbandingan, satu stik es krim mengandung 240 mgr kalsium.Berbagai mitos yang berkembang diantaranya es krim biang keladi kegemukan. Kegemukan disebabkan oleh energi dan lemak yang berlebihan serta kurang aktivitas fisik, karena kebiasaan makan yang kurang baik dan faktor keturunan.Sementara kontribusi energi dan lemak dalam es krim per takaran saji sangat kecil yaitu sekitar 10% dari total kebutuhan energi/hari dan 15% dari total kebutuhan lemak/hari.

Es krim menyebabkan batuk pilek?
Es krim cepat meleleh saat masuk ke dalam rongga mulut karena pengaruh suhu tubuh, jadi saat es krim es krim masuk ke kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin air es. Penyebab batuk pilek adalah terutama virus dan alergen pada anak-anak yang mempunyai sifat alergi bawaan

Es krim menyebabkan gigi berlubang?
Gigi berlubang disebabkan fermentasi sisa karbohidrat dan gula yang tertinggal pada gigi. Dianjurkan untuk minum air putih, berkumur atau menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan manis seperti es krim.

Cukup sekian dulu dan terima kasih, jangan lupa untuk meninggalkan jejak anda...boleh di-copy, di-share apalagi, kagak nolak jempol..

sumber:


1 komentar: