Selamat Datang..Welcome..Benvenuto..Accueil..Willkommen di blog saya..........have a nice day
Thank you for visited...budayakan kebiasaan untuk meninggalkan jejak anda(jangan lupa komentar)


Marhaban Ya Ramadhan

Jumat, 07 Oktober 2011

Secuil Omongan tentang Lifestyle

 Setelah sekian lama akhirnya mampir juga dimari, postingan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang trend lifestyle masa kini *yaiyalah masa gitu, lumayan daripada lumanyun untuk ngisi-ngisi waktu luang *sebenarnya ngga' ada waktu, karena deadline skripsi. Oke cukup mukaddimahnya, sekarang masuk ke topik utama.
Perkembangan jaman mengharuskan kita untuk selalu apdet tak terkecuali dengan trend lifestyle, buat beberapa orang hal ini tidak hanya sekedar lifestyle semata tetapi juga menjadi semacam ritual yang kudu mesti wajib diikutin katanya sih "kalo ngga ngikutin trend sekarang ngga gaul", lumrah yah, tiap orang memiliki paradigma masing-masing, salah satu lifestyle yang lagi trend nih adalah Fixie Bike atau sepeda fixie.

Fixie Bike atau Sepeda Fixie
 Sepeda yang identik dengan kesan minimalis ini terkesan murah dan tidak ribet. Sepeda ini tidak memiliki rem *mungkin karena ini jadi dibilang tidak ribet, pedal kayuhan dan roda bergerak bersamaan, dengan kata lain mekanisme girnya tidak seperti sepeda-sepeda yang lain. Fixed gear pada roda belakang memungkinkan sepeda untuk dikayuh mundur, karena girnya dibaut langsung dengan ban belakang, artinya dengan fixed gear tidak ada freewheel. Pedal akan terus bergerak selaras dengan laju roda/ban. Mengapa tidak memakai rem? karena pedal bergerak selaras dengan laju roda jadi untuk menghentikan lajunya bisa dengan melawan rotasi pedal *sulitnya disini nih. Naik sepeda fixie sangat tidak disarankan pada jalanan dengan kontur yang menurun tajam, karena bakalan sulit buat kaki kita mengimbangi laju pedal dan tentu saja sulit buat mengerem.

Membangun sepeda fixie gampang-gampang susah, urusan komponen begitu banyak dan sebagian bisa dikombinasikan dengan komponen sepeda balap. Hanya sepeda Fixie lebih sederhana, ibarat kalangan muda dengan gaya tersendiri sehingga bisa membuat sepeda sesuka hati. Oke kalo urusan membangun tentunya sangat berkaitan erat dengan budget/dana yang dimiliki, tapi pertama kita harus tahu dulu komponen-komponen penyusunnya, nih ta' kasih gambarnya

 
keterangan: 
1.Frame                                             Translatenya tanya mbah Gugel
2.Fork
3.Handle bar
4.Grip
5.Stem                                      
6.Headset
7.Crank
8.Bottom Bracket
9.Cog
10.Pedal
11.Strap&toe clips
12.Sadel
13.Seat post
14.Rims
15.Hub
16.Spoke
17.Tire
18.Inner tube
19.Rantai

Dana yang dibutuhkan tergantung dari komponen-kompenen yang digunakan untuk membangun, kalo komponennya merek terkenal jatuhnya pasti mahal, alternatif lain dengan menyelingi menggunakan komponen bekas tapi yang masih bagus *kalo rusak yah kagak bisa dipake #nyablakk. Atau kalau lagi malas buat sendiri bisa juga dengan beli jadi. Harganya juga lagi-lagi tergantung dengan komponen penyusunnya. Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 3.5 juta keatas. Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in. contoh nih -->>

    

Ada 3 acuan dalam merakit fixed gear : Light, strong dan cheap.kita harus memilih dua diantara tiga.bila stong dan light, sudah pasti tidak cheap atau bila pilih strong dan cheap, pasti tidak light begitu juga bila kita pilih light dan cheap, sudah pasti tidak strong. Jadi merakit fixie memang gampang gampang susah. Ciri yang paling utama dari sepeda fixie adalah gearnya yang fixie dengan kata lain jika sepeda tersebut menggunakan fix gear maka itu adalah sepeda fixie. 

 <<--- sepeda inipun kalo dipasangin fix gear sudah jadi sepeda fixie #ngawurr *gepplllaakkk


Hahaha


Gepplllakkkk


blashh


Sudah cukup dengan fixienya, ada satu lagi yang lagi trend nih bisa jadi lifestyle juga saat ini, namanya Jumping Stilts. Alat olahraga yang asalnya dari Jerman nih mulai banyak yang memakai di Indonesia, di Jerman nama alat ini adalah Powerbocke dan untuk pemakainya dinamai powerbocker, di Indonesia alat ini lebih dikenal dengan nama Jumping stilts dan pemakainya dinamai skyrunner atau skyjumper. Alat ini masih baru di Indonesia, komunitasnya pun masih sedikit karena penggunanya juga masih sedikit belum terlalu banyak walaupun di Jakarta sudah banyak yang punya. Alat ini kemudian menjadi trend tersendiri dikalangan anak muda, selain menawarkan olahraga alat ini juga memberikan kesenangan dan juga adrenalin rush buat pemakainya.

Powerbocking atau Jumping Stilts 
Penampakan Jumping Stitls cekitdot ------------------->>
Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli skyrunner adalah berat badan,sehingga kita harus membeli skyrunner sesuai berat badan kita. Berikut adalah jenis skyrunner berdasarkan berat badan:
    * RAPTOR : 50 - 70 Kg
    * T-REX : 70 - 90 Kg
    * GOLIATH : 90 - 110 kg
pengguna jumping stilts umumnya mampu melompat 3-5 kaki (1-1,5 meter) dari tanah dan berlari hingga 20 mph (32 km / jam). Mereka juga memberikan kemampuan untuk mengambil hingga 9 kaki (2,7 meter) sekali melangkah. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga dapat memakai alat ini, ukurannya tentu berbeda.Untuk harga berkisar antara 1 juta sampai 5 juta tergantung dari bahan alat tersebut dan juga tergantung dari kemampuan anda menawar *geplak. Gambar orang-orang yang berjumpalitan ria dengan alat ini.
                      
Jumping Stilts dipatenkan oleh Alexander Bock, sang kreator yang berkebangsaan Jerman. Alat ini pernah digunakan dalam upacara penutupan Olimpiade Beijing 2008. Sungguh wow. Alat ini mirip Enggrang di Indonesia, pemakaiannya juga susah susah gampang, pemakainya harus terus bergerak untuk menjaga keseimbangan. Di kotaku Makassar, saya pernah melihat seorang yang memakai alat ini, di sekitaran pantai losari, mungkin karena cuma dia seorang yang pake jadilah dia totonan jutaan pasang mata *lebayy, mungkin karena canggung dan malu-malu *takut malu-maluin kali, akhirnya dia pulang *belum sempat lihat dia loncat-loncatan. Teringat sebuah kalimat di sebuah situs powerbocking "Powerbocking: jump like a kangaroo, run like a gazelle & stride like a giant" *translatenya tanyain mbah gugel. Tertarik mencoba ? dapat sehat, dapat fun, dapat cewe' juga *wahaha ngoyo. Nih ta' kasiin gambar lagi


<<---yang ini sesuatu banget deh
 Oke pindah lagi nih, nah sekarang yang lagi tren juga nih gaya anak muda yang nongkrong di kafe sambil main-main pc tablet. Entahlah maksudnya apa nih, mau pamer, beneran kerja atau sekedar ngikutin tren gadget saja. Paling juga tabletnya dipakai buat main Angry Bird, atau dipakai onlen.

PC Tablet
 Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi juga makin berkembang. Nah sekarang yang lagi booming PC Tablet, berbagai brand elektronik berlomba-lomba untuk menelurkan produk gadget yang satu ini. Banyak pc tablet bermunculan dengan spesifikasi dan harga yang berbeda-beda. Salah satu yang paling banyak diminati adalah Ipad keluaran dari Apple. Gadget ini kemudian akan menjadi lumrah di masyarakat, mungkin laptop akan tergantikan perannya. Nah salah satu yang saya soroti *ceilah..macam pengamat aja, adalah anak muda yang nongkrong di kafe sambil main-main tablet. PC Tablet memang bukan barang yang murah yak, jadi yang mainin kemungkinan uangnya banyak dengan kata lain anak-anak dari kalangan borjuis. Entalah itu tablet punya sendiri atau punya babenya yang dipinjam. Mungkin dicatatan ini terdengar sedikit sarkasme, tapi ini murni saya hanya memberikan pendapat pribadi *don't judge me. Tidak ada salahnya, paling tidak anak muda jaman sekarang tidak akan ketinggalan jaman. Tapi sepertinya kebanyakan dari mereka memiliki pc tablet ya hanya untuk sekedar gehol biar tidak dibilang gaptek. Tidakkah mereka mengerti perasaan orang lain yang tidak memiliki pc tablet tapi sangat menginginkannya? sungguh terlalu *alah, penulis ngiri nih #gepplakk.

PC tabletnya juga paling dibuat sekedar gaya-gayaan, dipake main game, ngapdet status "duh kafenya rame bener, mending maen angry birds di tablet aja ah" *status ga' penting. Atau dipake dengar musik *alamat palsu mungkin, nonton film, mungkin juga untuk buat film *ih sesuatu deh. Yah tapi itulah kehidupan kadang diatas kadang dibawah *nah korelasinya dimana #nyablakk geplak. Daripada celoteh terus nanti saya kena bata nih ta' kasih gambar PC Tablet                                                                
      
keterangan gambar:  Hp TX1000(inotebook tapi bisa dijadiin kayak tablet) dan Ipad 2

Menurut beberapa sumber iPad 2 dijual mulai $499 untuk 16 GB Wifi, $599 (32 Gb Wifi), $699 (64 GB Wifi). Sementara untuk versi 3G ditambahkan sekitar USD 130. Jadi berkisar mulai USD 629 (16 GB 3G+Wifi), USD 729 (32 GB 3G+Wifi), dan USD 829 (64 GB 3G+Wifi) dan ini notebok seri TX1000, dengan kemampuan touchscreen. Harganya mahal sekali, $1399. Teknologi memang tidak murah.

Oke ini paling terakhir dan mungkin paling nyablak...langsung saja, trend lifestyle selanjutnya yang lagi booming adalah behel atau kawat gigi *just my opini..don't judge me.

Behel atau Kawat Gigi
 Terdengar aneh tapi itulah kenyataannya, banyak ababil (abg labil) diluar sana yang rela mulutnya sakit cuma buat masang behel, alasannya? karena teman-temannya memasang behel, jadi biar lebih trendi dan tidak cupu *blashhh.  Tapi itulah kenyataannya, bahkan sekarang banyak praktek-praktek pemasangan behel yang tidak sesuai kaidah, tetap banyak pengunjung karena daya tarik harga yang miring. Bayangin dari harga  5-12 juta jadi turun hanya sekitar 1-3 juta tapi resiko tanggung sendiri. Bahkan sekarang ada juga yang jual behel bongkar pasang *what, info dari ade'ku....Ada-ada saja tapi begitulah adanya, ibarat diman ada semut disitu ada gula, karena behel lagi naik daun jadi banyak orang yang mau jabanin memasang behel kalo keuangan tak mampu yah pake behel bongkar pasang. Tujuan behel sebenarnya untuk memperbagus *alah bahasanya, letak susunan gigi, biar rata gitu, selain itu biar kalo ditonjok gigi tidak rontok yang ada bibir yang mekar..haha *gepplakk. Biar asik nih ta' kasih garmbar

ini gambar dari The Real Suara Rumput Liar, di pesbuk ada pagesnya Domba Nyeleneh

Sekian dulu, sudah kebanyakan nih, judulnya secuil dikasih segepok :D

Baca perlahan dan nikmati, jangan lupa komentar anda...boleh dicopy apalagi di share..kagak nolak jempol.
Sumber : kebanyakan sumber, susah ingatnya. Nantilah ditulis kalo ada waktu lagi #digeplak
keseringan digeplak.






5 komentar:

  1. Wew... fixie sih oke. lagi musim memang... nah itu yang satu??? Jumping jumping, ngeri oyyyy --"

    BalasHapus
  2. seru kak...hehe belu selesai tadi postingannya waktu ka' cyaam komen :D

    BalasHapus
  3. Wahh iya miris juga tuh kalo kawat gigi cuma dipake buat gaya-gayaan aja buat ABG jaman sekarang..
    yang sebenarnya gak tau tujuan utama dari behel itu apoa sebenarnya
    bahkan ada yang udah pasng behel yang bisa dicomot2 doang..
    behhh KEREN katanya..

    aneh2 aja yah jaman sekarang.
    kalau naik sepeda untuk tujuannya sehat sih yah sehat.kalau buat gaya hmmm mikir2 lagi deh..

    BalasHapus
  4. Tapi trend fixie kayaknya gak terlalu membooming lho di tempat saya.. >.<

    BalasHapus
  5. @uchank : iyah...malahan sekarang menjadi trend :) ngga sadar kalo mereka mengapdet kekonyolan "mengutip suara rumput liar", hehehe...kalo tujuan sehat kan ngga mesti pake sepde itu ya :D, pake becak pun bisa :D
    @iam : kalo ditempat saya lumayan, biasanya keliling pada malam hari sambil pake lampu kelap-kelip..oia tempat mas dmn ya? :D

    terima kasih mas2 sdh mampir dan memberi apresiasi :D

    BalasHapus