Selamat Datang..Welcome..Benvenuto..Accueil..Willkommen di blog saya..........have a nice day
Thank you for visited...budayakan kebiasaan untuk meninggalkan jejak anda(jangan lupa komentar)


Marhaban Ya Ramadhan

Selasa, 31 Maret 2009

Sejarah berdirinya Windows

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan milik Bill Gates ini. Sebagian besar pengguna komputer pasti menggunakan salah satu dari produknya. Dan salah satu produk yang paling banyak digunakan adalah system operasi yang bernama Microsoft Windows.
Windows 1.0

Sejarah Windows diawali saat Microsoft memulai pengembangan Interface Manager, yang kemudian hari diubah namanya menjadi Microsoft Windows pada September 1981. Pada prototype pertama, interface Windows menggunakan menu yang ada di bawah layer. Tapi kemudian interface itu berubah menjadi menu pull down dan kotak dialog seperti yang digunakan pada Xerox Star. Hal itu terjadi di tahun 1982. Microsoft mengumumkan Windows di bulan November 1983. Sebelumnya telah ada system operasi lain yang sudah dirilis terlebih dahulu, seperti VisiOn, TopView dan Apple Lisa. Dan setelahnya ada GEM, DESQ, Amiga Workbench, GEOS/GeoWorks Ensemble,IBM OS/2,NeXTstep dan DeskMate. Di dalam promosinya, Windows menjanjikan suatu interface grafis yang mudah digunakan dan dengan dukungan multitasking. Terjadi beberapa kali penundaan dalam proses pengembangannya, dan pada akhirnya Windows 1.0 sudah resmi beredar pada November 1985.

Windows 2.0

Peluncuran Windows 2.0 dilaksanakan pada November 1987 dengan menyediakan peningkatan yang signifikan. Berbagai tambahan seperti icon dan window yang bias muncul secara bersamaan, menjadikan Windows sebagai lingkungan yang cocok untuk pengembangan beberapa aplikasi penting. Contohnya Excel for Windows, Word for Windows, Corel Draw, Ami, PageMaker dan Micrografx Designer. Penjualan juga meningkat karena adanya versi Single Application Environment yang disuplai oleh vendor independent. Selain itu Windows juga mendapat perhatian yang lebih saat Aldus Pagemaker muncul dalam versi Windows, karena sebelumnya hanya ada di Macintosh. Beberapa ahli komputer percaya bahwa itulah aplikasi pertama non Microsoft yang muncul di Windows. Pada versi 2.03, Windows mendapat gugatan hokum dari Apple karena menurutnya Windows meniru kesan dan tampilan dari AppleMacintosh. Tapi tuntutan yang seluruhnya berjumlah 189 itu semua dibatalkan oleh hakim bernama Willian Shwarzer, dan hanya 10 tuntutan saja yang harus dipenuhi. Perkara itu terjadi pada 5 Januari 1989.
Windows 3.0

Dirilis pada Mei 1990, Windows 3.0 memiliki kemampuan pengalamatan memory hingga 640 KB dan user interface yang lebih baik. Para pengembang software dengan semangatnya mengembangkan aplikasi untuk lingkungan Windows . Sebuah versi limited edition yaitu Windows 3.0 with Multimedia Extentions 1.0, dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini dikemas dengan multimedia kit pertama yang berisi sound card dan CD-ROM. Versi ini juga merupakan cikal bakal fitur multimedia yang nantinya terdapat di versi 3.1.
Windows 3.1

Pada Agustus 1992, merespon peluncuran dari OS/2 milik IBM, Microsoft mengembangkan Windows 3.1 yang berisi beberapa perbaikan dari versi 3.0 seperti TrueType font. Tapi perbaikan yang utama adalah dukungan untuk multimedia. Kemudian di versi 3.11, tidak ada fitur baru yang di berikan, hanya perbaikan masalah jaringan. Versi 3.11 ini ditujukan untuk menggantikan 3.1 pada level retail dan OEM.
Windows for Workgroups 3.1

Bulan Oktober 1992, diluncurkan versi Windows terbaru yang menyediakan fasilitas “peer-to-peer file and printer sharing”. Fasilitas tersebut memberikan kemudahan kepada pengguna untuk membangun sebuah Workgroup. Sistem file-sharing digunakan untuk memudahkan pemakaian file oleh orang lain dari platform sama atau pun dos. Microsoft juga memasukkan aplikasi baru “Microsoft mail dan Schedule”
Windows NT

Maret 1994, Microsoft menciptakan sebuah Platform untuk sistem yg tinggi “High End System”. Sistem ini dibangun untuk keperluan pelayanan jaringan/workgroups. Antaramuka yang digunakan sama dengan Windows 3.11, tetapi menggunakan kernel OS yg baru. Menyediakan OLE 2.0. Kemampuan ditingkatkan dan mengurangi penggunaan memori. September 1994, Windows NT 3.5 Workstation diluncurkan untuk menggantikan Windows NT 3.1, dan Windows NT 3.5 Server menggantikan Windows NT 3.1 Advanced Server. Mei 1994 projek pertama Microsoft untuk “object-oriented Windows” diluncurkan dengan nama Windows NT4.0.
Windows 95

Diperkenalkan kepada publik pada bulan August tahun 1995, Windows 95 menggunakan sistem 32bit dan adanya penambahan fasilitas “multitasking”. Memiliki antaramuka yg lebih baik dari sebelumnya.
Windows 98

June 1998, Windows 95 adalah generasi dan dunia baru bagi penggunaan internet. Memperkenalkan teknologi baru active desktop yang membolehkan kita membuka halaman internet langsung dari desktop. Internet explorer 4.0 adalah browser baru yang menyokong HTML 4.0. sokongan ACPI pada OnNoW adalah untuk pengelolaan listrik (power management) yang lebih baik. Dilengkapi peralatan untuk menukarkan (konversi) FAT16 kepada FAT32. Ciri “Multiple Display Support” membolehkan pengguna menggunakan hingga 8 monitor sekaligus. Menyokong peripheral baru dan juga teknologi baru seperti DVD, Firewire, USB, dan AGP. Win32 driver model membolehkan pengguna menggunakan driver yang sama dengan Windows NT 5.
Windows NT 5

Mengandungi banyak feature baru. Sama seperti Windows 98, NT 5 di datangkan bersama IE 4.0. WIndows NT 5 merupakan cikal bakal dari Windows 2000
Windows 2000

Manjadi platform yang terbaik dalam keluarga WINDOWS yang memiliki kemampuan untuk membangun atau dibangun menjadi Internet, Intranet, Extranet dan pengelolaan aplikasi menggunakan Active Directory. Pengguna dapat membangun VPN (virtual private network) sendiri yg aman dengan menggunakan sambungan internet dan pilihan protokol sendiri. Dapat menginstallkan (deployment) aplikasi kepada komputer pengguna didalam LAN menggunakan Windows Installer.
Windows ME



14 September 2000, singkatan dari Millenium Edition. Ditujukan untuk penggunaan di rumah. Memiliki banyak fungsi multimedia seperti Movie Maker, Windows Media Player dll. WIndows ME pada dasarnya adalah peningkatan dari OS terdahulu yang menggunakan DOS-base OS
Windows XP

25 Oktober 2001, Windows XP mulai diluncurkan. Versi ini memiliki tampilan yang sangat memukau, sangat halus dan elegan ditujukan kepada pengguna yang tidak hanya memikirkan fungsi tetapi juga keindahan. Fasiltias yang dimiliki tidak jauh berbeda dari versi-versi sebelumnya, kelebihannya adalah dalam hal security/keamanan. Setiap copy dilengkapi dengan kode aktivasi yang berlaku selama 30 hari sesudah itu pengguna harus mendaftarkan OS-nya kepada Microsoft. Bila hal tersebut tidak dilakukan maka, Windows akan menolak pengguna untuk login kedalam komputernya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar